Detail Berita

Sekolah Jujur Sekolah Saya

Senin, !5 Januari 2024, Pak Bambang selaku kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang memberikan Apresiasi sekaligus menandatangani Deklarasi Sekolah jujur sekolah saya di SMP Negeri 2 Semarang


Program ini merupakan program yang diinisiasi oleh Komunitas SPAK. Gerakan Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK) dilahirkan dengan tujuan melatih para perempuan yang diharapkan akan menanamkan nilai-nilai antikorupsi menjadi role model antikorupsi dalam keluarga dan lingkungan. Dalam perkembangan gerakan SPAK, tercatat berbagai cerita perubahan yang telah dilakukan para Agen di berbagai daerah, mulai dari perubahan perilaku diri sendiri, keluarga, sampai pada perubahan sistem di tempat kerja. Catatan perubahan yang signifikan adalah mulai tumbuhnya anak-anak Agen SPAK yang memiliki keyakinan kuat terhadap nilai-nilai antikorupsi.


Lembaga berikutnya yang berperan besar dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi adalah sekolah. Jika keluarga menjadi tempat pertama anak belajar tentang nilai-nilai integritas, maka sekolah adalah rumah kedua yang memperkuat nilai-nilai tersebut. Program Sekolah Jujur Sekolah Saya di SMP Negeri 2 Semarang diantaranya Beriman (Beribadah, Indah dan Nyaman), Ruga (Ruang Gawai), Treasure Box (Kotak harta karun), Lapor JAK (Lapor Jam kosong) yang masing-masing pada program tersebut memiliki nilai antikorupsi dengan tahapan monitoring dan evaluasi oleh masing-masing penanggungjawab.